July 13, 2024

Radar Papua

Berita terkini yang terjadi di Papua dan sekitarnya

Menlu Vanuatu : Tidak ada agenda pengesahan ULMWP sebagai Anggota Penuh

Dikutip dari Dailypost Vanuatu, Menteri Luar Negeri dan Wakil Perdana Menteri Vanuatu, Jotham Napat mengatakan, pertemuan Menlu MSG bulan lalu mengusulkan tanggal ini sambil menunggu konfirmasi dari masing-masing negara anggota.

Menlu Napat mengatakan Sekretariat MSG telah menerima konfirmasi dari pemerintah Kepulauan Solomon bahwa mereka bentrok dengan Sidang Parlemen mereka, oleh karena itu pertemuan harus dijadwal ulang.

“Perdana Menteri Vanuatu sebagai Ketua MSG akan menyurati para anggota untuk menjadwal ulang pertemuan pada tanggal lain di mana setiap pemimpin tersedia untuk menyelesaikan masalah mereka,” katanya kepada Daily Post.

“Bagi Vanuatu, Juli sudah penuh dengan kegiatan. Presiden Prancis akan segera tiba. Kami sedang mempertimbangkan untuk mengatur pertemuan pada bulan Agustus.”

Ketika diiminta konfirmasi apakah pengesahan United Liberation Movement for West Papua (UMLWP) sebagai anggota penuh MSG akan menjadi agenda dalam Leaders Meeting kali ini, Menlu Napat menjawab hal tersebut tidak dibahas dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri MSG.

sumber: dailypost vanuatu.idz