JAYAPURA RP – Sebanyak 47 Warga Negara asing (WNA) yang berada di Provinsi Papua akhirnya  dipulangkan ke negara asalnya melalui Bandara Sentani,  pada Kamis (23/4) pagi, mereka dipulangkan setelah tertahan di Papua selama masa pendemi Covid-19.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jayapura, Gatut Setiawan,  kepada wartawan di Bandara Sentani, mengatakan, kepulangan 47 Warga Negara Asing itu merupakan permintaan dari masing-masing negara nya karena khawati akan mewabahnya virus corona atau COVID-19 di Papua yang terus meningkat.

“ Semua ada 48 orang yang akan pulang, namun ada seorang missionaris asal Amerika yang memilih bertahan karena masih dalam pelayanan di Kabupaten Keerom.jadi yang hari ini pulang ada 47 orang,” ujarnya.

Dijlaskan, Warga Negara Asing yang pulang terdiri dari, 35 warga Amerika, 10 warga Korea Selatan, 2 warga Canada dan 1 warga Jepang, keberadaan mereka di Indonesia khususnya di Provinsi Papua adalah bekerja sebagai misionaris dan sebagian bekerja sebagai mekanik dan juga pilot di beberapa maskapai penerbangan misi di Papua.

“ Mereka ini banyak yang beekerja sebagai missionaris, mekanik dan pilot. Mereka ini diminta pulang oleh negaranya karena pertimbangan banyak anak-anak dan juga sebagian lanjut usia,”  ungkapnya

Lebih lanjut dijelaskan 47 WNA  yang pulang tersebut, enggunakan pesawat yang dicarter oleh pemerintahnya karena akses pembatasan masuk maupun keluar di Papua.

“ Jadi pemerintah mereka sudah menyewa pesawat khsusus untuk menjemput mereka keluar dari Papua. Jadi benar-benar pemerintahnya yang bertanggungjawab atas pemulangan ini,” jelasnya. (redaksi)