November 26, 2021

Kelompok Undius Kogoya Serang Kota Sugapa, Warga Berlindung di Gedung Gereja Katolik

Hingga Jumat malam, baku tembak masih terus terjadi, kelompok Separatis dibawa pimpinan Undius Kogoya terus melakukan penyerangan terhadap pos keamanan baik TNI maupun Polri yang ada di Sugapa.

Tak hanya pos-pos TNI dan Polri yang menjadi sasaran Undius Kogoya, pemukiman warga juga menjadi sasaran penyerangan, selain melakukan penyerangan, kelompok Separatis membakar rumah-rumah dan kios warga.

“Rumah dan kios warga juga dibakar oleh kelompok Separatis, sehingga warga berlari menyelamatkan diri ke lingkungan gereja katolik St. Misael Bilogai,”

Dalam sebuah kiriman video yang diterima awak media, terlihat beberapa pater terlihat memberikan pertolongan kepada warga yang masih terjebak didalam rumah yang terbakar.

“Ini pater…pater, keluar…keluar mari keluar teriak seorang pater untuk memanggil warga yang masih berada di dalam rumah yang terbakar.”

Melianus, salah satu tokoh masyarakat yang juga ikut bersama pater membenarkan adanya warga yang diselamatkan oleh pater saat peristiwa baku tembak terjadi antara separatis dengan TNI.

“Sebanyak enam warga berhasil diselamatkan, sebelumnya mereka terjebak didalam rumah yang sudah terbakar, mereka tidak berani keluar, setelah dipanggil oleh pater, akhirnya mereka keluar untuk mengamankan diri bwrsam pater ke gedung gereja St. Misael Bilogai,” ungkapnya.

Diketahui kelompok Separatis pimpinan Undius Kogoya sudah tiga hari berada di kota Sugapa, karena tidak bisa mendapatkan sasaran TNI dan Polri akhirnya mereka membakar beberapa fasilitas umum dan pemukiman warga termasuk kios-kiis milik warga.

Hingga saat ini warga masih berlindung di lingkungan gedung gereja katolik St. Misael Bilogai.