September 23, 2021

Kepala Suku Papua Tolak Aksi Demo dan Provokasi Tuntut Dibebaskannya Victor Yeimo

Radarpapua, RP – Proses hukum terhadap Victor Yeimo mendapat dukungan dari Kepala Suku di Kabupaten Jayawijaya. Hengky Heselo dalam penyampaiannya mengatakan jika aktor perusak negara harus ditindak tegas.

“Victor Yeimo itu perusak negara Republik Indonesia. Bapak Kapolda Papua jalankan saja proses hukum, tidak bisa begitu saja dibebaskan,”

Heselo mengatakan jika tuntutan pembebasan Victor Yeimo yang dilakukan oleh mahasiswa dan KNPB sangat tidak mendasar. Pihaknya menegaskan jika proses hukum harus tetap dilakukan sebab negara Indonesia adalah negara hukum.

“Negara ini bukan punya KNPB yang semaunya sendiri melawan hukum. Tetap lakukan proses hukum terhadap setiap orang yang melanggar hukum. Victor Yeimo ini sudah merusak (keamanan) negara,”

Heselo juga meminta kepada jajaran Polres Jayawijaya untuk menolak setiap aksi demo karena rawan akan provokasi.

“Kepada Polres Jayawijaya, saya minta tidak boleh ada aksi demo dari mahasiswa dan KNPB di Wamena. Mereka hanya akan membuat kekacauan dengan berbagai provokasi,”

Pihaknya menambahkan jika semangat menjaga kedamaian di Wamena sudah kembali terbangun, oleh sebab itu setiap aksi yang mengancam kedamaian negara harus dihindarkan. Mengingat kerusuhan yang terjadi di Wamena pada tahun 2019 mencatatkan sebanyak 33 warga tewas mengenaskan.

Proses hukum terhadap Victor Yeimo harus tetap jalan, jangan dibebaskan begitu saja, tuturnya.