JAYAPURA RP, – Pemerintah Papua akan membentuk tim kemanusian untuk membantu masyarakat Intan Jaya dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi belakangan di wilayah tersebut.

Seperti di ketahui dalam beberap bulan belakangan sering terjadi kekerasan di Intan Jaya yang mengakibatkan beberapa warga serta TNI-Polri meninggal dunia.

Gubernur Papua Lukas Enembe mangatakan, Tim ini akan terdiri dari beberapa unsur, diantaraya pemerintahan, masyarakat sipil dan gereja.

“Penembakan pendeta Zeremia Zanambani harus diinvestigasi. Namun bukan hanya itu, masalah yang dihadapi oleh masyarakat Intan Jaya belakangan ini sangat berat. Kekerasan demi kekerasan terjadi di Intan Jaya. Ini hampir sama dengan saat saya menjadi bupati di Puncak Jaya,” kata Gubernur Enembe, Jumat (2/10/2020) malam.

Menurut Gubernur Enembe, pemerintah daerah harus membantu masyarakat Intan Jaya menghadapi trauma kekerasan yang dialami.

“Dalam waktu dekat ini tim kemanusiaan untuk Intan Jaya akan dibentuk. Saat ini saya sedang berkoordinasi dengan Karo Hukum untuk membuat SK nya,” jelas Gubernur Enembe. (Redaksi)