September 23, 2021

Papua Bagian Dari Indonesia, Jangan Ada Kelompok Yang Membawa Isu Papua Merdeka di Papua Nugini

Radar Papua, RP – Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape menegaskan bahwa negaranya menghormati kedaulatan Indonesia terhadap Papua.

Hal itu disampaikan James saat menerima mesin pesawat CASA milik angkatan pertahanan Papua Nugini jenis CT 7-9C di Bandara Internasional Jacksons-Port Moresby, Papua Nugini.

Selain itu, James juga menganggap isu Papua merupakan persoalan internal yang dihadapi Indonesia.

“Perdana Menteri kembali menyampaikan sikap Pemerintah Papua Nugini terkait permasalahan/isu Papua yaitu Pemerintah Papua Nugini secara tegas akan tetap menghormati kedaulatan negara Indonesia atas Papua dan isu Papua merupakan pemasalahan internal dari negara Indonesia,” terang James.

Terkati mesin pesawat CASA yang berhasil diperbaiki TNI, James menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada TNI atas bantuan perbaikan mesin pesawat CASA.

James juga menyebut bahwa hubungan baik antara kedua negara telah berlangsung selama bertahun-tahun dan terus saling menghormati sebagai negara yang berdaulat.

Jadi untuk negaranya sendiri sangat menolak keberadaan kelompok-kelompok tersebut, pemerintahnya sudah pernah mengusir kelompok ini tahun lalu, namun karena mereka ada yang sebagian menikah dengan warga Papua Nugini, sehingga masih diberi kebijakan untuk tinggal dengan catatan tidak mengganggu hubungan baik antara PNG dan RI.

“Kalau masih kita temukan kembali, maka mereka yang terindikasi terlibat dengan kelompok-kelompok ini akan mendapatkan sangsi tegas dari pemerintahnya,” tutur James.