November 26, 2021

Tokoh Papua Apresiasi Aparat Keamanan Bersikap Humanis Kepada KNPB

Tokoh Papua Ali Kabiay Saat Memberikan Keterangan Pers

Radarpapua – Ali Kabiay mengaku salut dengan cara dan tindakan dari aparat keamanan dalam hal ini pihak kepolisian yang mendatangi sekretariat KNPB di salah satu honai Kompleks Expo, Kelurahan Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua pada Sabtu (13/11/2021).

Pernyataan ini sengaja Ali Kabiay kemukakan guna menanggapi pernyataan juru bicara KNPB Ones Suhuniap yang terkesan terlalu mendramatisir pertemuan perwakilan aparat keamanan dan Ketua KNPB Agus Kossay di Expo Waena pada media sosial Facebook.

Ia mengaku tindakan yang dilakukan oleh aparat keamanan dalam menjalankan tugas untuk ciptakan kondisi Kamtibmas yang aman dan nyaman dengan cara humanis patut diancungi jempol, karena tidak ada tindakan kekerasan atau represif sehingga bisa membuat kegaduhan.

“Saya sangat respect sekali dengan apa yang telah di lakukan oleh aparat keamanan, khususnya aparat Kepolisian yang telah datang dan bersilahturami dengan Agus Kosay dan KNPB, apa yang di lakukan aparat kepolisian sebenarnya menunjukkan sikap dan tupoksi Polisi sendiri yaitu mengayomi masyarakat, dan hal tersebut adalah hal yang sangat wajar, dan seharusnya jangan di politisir atau dramatisir , ” ungkap Ali Kabiay.

“Ini patut diapresiasi, karena langkah persuasif digunakan oleh aparat dalam merangkul oknum warga atau kelompok yang masih berseberangan,” katanya di Jayapura, Sabtu malam.

Menurut dia, sebagaimana foto yang beredar di grup media sosial Facebook, terlihat bahwa pertemuan itu nampak mesra dan dalam suasana yang harmonis, dimana Agus Kossay terlihat duduk santai di lantai dengan kaki berselonjor, sementara tamunya yang diduga dari aparat kepolisian duduk mendengarkan dengan seksama pernyataan Agus Kossay. Bahkan terlihat ada botol air mineral sebagai ciri khas dalam suatu pertemuan atau diskusi. Ada minuman atau makanan yang disajikan kepada tamu.

Ali KAbiay: Terlihat Aparat Keamanan Duduk Bersama Agus Kossay Bersama

“Dalam foto di Facebook terlihat Agus Kossay dan beberapa orang aparat terlibat pembicaraan yang menarik. Foto itu saja sudah bisa menceritakan bahwa ada pertemuan yang mungkin Agus Kossay undang mereka, aparat untuk berdiskusi,” katanya mencoba menduga.

” Saya juga melihat dalam postingan tersebut tidak ada kekerasan yang di lakukan oleh aparat keamanan, justru aparat datang dengan tujuan yang baik, coba lihat saja fotonya yang beredar di media sosial facebook, aparat kepolisian tidak membawa senjata atau pentungan, untuk itu saya secara pribadi meminta kepada saudara saya Ones Suhuniap untuk berhenti mempolitisasi keadaan di Kota Jayapura yang sudah aman dan kondusif”

Lebih lanjut Ali sampaikan bahwa saat ini Kota dan Kabupaten Jayapura tengah melaksanakan event nasional yakni Peparnas XVI sehingga cipta kondisi situasi Kamtibmas pasti akan dilakukan agar acara tersebut bisa berjalan aman dan lancar.

“Mungkin kedua pihak, sepakat bertemu di Expo. Kan bisa saja Agus Kossay yang undang? Kalau ada semacam kegiatan yang bertentangan dengan negara, mana mungkin aparat datang dengan baju biasa, lalu duduk manis bercerita layak teman atau saudara. Ini dulu yang harus dipahami, foto saja sudah bercerita. Jadi, jangan disalah artikan,” ujarnya.

Ali menduga Ones Suhuniap sengaja memviralkan pertemuan yang humanis itu dengan harapan mendapatkan simpati dari rakyat Papua, bahwa ada tindakan berlebihan kepada Agus Kossay selaku Ketua KNPB Pusat. “Atau bisa saja, Ones Suhuniap dan Agus Kossay sedang terjadi salah paham, atau kalimat lainnya lagi tidak harmonis karena bisa soal sesuap nasi atau masalah posisi atau jabatan. Kan kita semua tahu bahwa Agus Kossay lebih terkenal dari dia,” katanya menduga.

Ali berharap Ones Suhuniap tidak membangun narasi yang kurang baik di sosial media, jika ingin suatu klarifikasi persoalan hendaknya langsung ke pihak yang dituju, datangi atau menyurat agar terlihat elegan bukan sebaliknya, hanya bisa berkoar-koar tanpa jelas.