JAYAPURA RP,– Saat ini di Indonesia dan khususnya Provinsi Papua sedang mengalami cuaca ekstrem saat musim penghujan tiba. Cuaca ekstrem yang dimaksud yakni, intensitas hujan yang sangat lebat dengan disertai kilat dan angin kencang serta gelombang laut yan sangat tinggi.

Terkait itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH., di Jayapura, Rabu (25/11/2020), mengimbau kepada seluruh masyarakat baik yang ada di daerah pegunungan dan pesisir pantai untuk tetap waspada dengan adanya cuaca ekstrim yang saat ini kita tengah alami bersama.

“Antisipasi yang dapat dilakukan masyarakat terhadap ancaman cuaca ekstrem diantaranya yakni, melakukan pengecekan dan pembersihan saluran air dan kami meminta kepada warga yang akan melakukan aktifitas di laut agar lebih berhati-hati dalam memantau atau membaca kondisi cuaca maupun ombak,” ujarnya.

Hal itu kata Kamal, dilakukan untuk mengantisipasi kejadian genangan maupun banjir terutama daerah-daerah yang menjadi langganan seperti wilayah yang berada di daerah aliran kali atau sungai, daerah cekungan maupun daerah pesisir.

“Kami juga meminta agar masyarakat yang berada di daerah perbukitan waspada terhadap bencana longsor. Tak hanya itu, kepada pengendara motor ataupun mobil selalu mengecek prakiraan cuaca BMKG jika ingin bepergian saat musim penghujan,” katanya.

Ia juga mengimbau, untuk warga yang sedang berkendara baik beroda dua maupun lebih, waspada jalan licin dan jarak pandang yang terbatas. Diimbau untuk berlindung di bangunan yang kuat dan kokoh, tidak disarankan berlindung dibawah pohon, ini dapat kita lihat beberapa kejadian yang terjadi baik di Papua maupun diluar Papua dimana terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat jalan licin dan beberapa kejadian kecelakaan laut.

Ditambahkan, untuk mengantisipasi ancaman kilat maupun petir kami meminta kerja sama dari semua pihak baik Pemerintah Daerah, TNI/Polri dan masyarakat untuk bersama-sama memangkas atau merapikan pohon-pohon yang dilihat sudah tidak layak lagi atau rapuh.

“Sebab, sangat berbahaya bagi para pengguna jalan saat musim penghujan. Melakukan pengecekan dan penguatan bagian atap dari bangunan kantor, rumah serta bangunan semi permanen dan non permanen lainnya yang berada dilingkungan kita, karena hal ini merupakan tanggungjawab kita bersama untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” pungkas Kamal.