November 27, 2021

Begini Kronologis Warga Yang Tertembak di Intan Jaya

Radarpapua, RP – Baku tembak yang terjadi antara aparat keamanan di Intan Jaya dengan kelompok Separatis pimpinan Undius Kogoya menelan 2 korban yang salah satu akhirnya meninggal.

Pantauan awak media di lapangan, salah satu warga menyebutkan kemaren siang kelompok Undius Kogoya masuk ke kota Sugapa, mengumumkan kepada warga untuk meninggalkan kota Sugapa, saat itu salah satu dari mereka mengeluarkan tembakan ke arah pos TNI dan terdengar juga suara tembakan balasan dari aparat TNI.

Baku tembak terjadi, sehingga warga mencari tempat perlindungan yang aman, ada mama-mama (ibu) membawa anak-anak keluar rumah untuk mencari tempat aman namun mama-mama tersebut berteriak minta tolong sambil berlari ke arah puskesmas.

“Waktu baku tembak itu ada mama-mama yang berteriak minta tolong sambil menangis dan berlari ke arah puskesmas, tidak lama kemudian mama-mama itu keluar lagi kembali ke rumah, Malam harinya saya mendapat kabar kalau anak tersebut sudah meninggal”

Dari keterangan warga waktu dibawa ke puskesmas pada saat itu puskesmas sudah kosong karena para pegawai mendapat informasi adanya penyerangan yang dilakukan oleh Undius Kogoya.

Keterangan dari kerabat keluarga korban menceritakan kalau yang melakukan penembakan dari kelompok Undius Kogoya, ibu dari korban melihat sendiri orang-orang yang mengarahkan senjata ke arahnya.

Hingga saat ini situasi keamanan di Intan jaya kurang kondusif kelompok Undius Kogoya masih melancarkan serangan di dalam kota dan belum ada keterangan resmi dari TPNPB. Dari peristiwa ini diketahui seorang anggota TNI juga terkena tembakan pasca baku tembak kemaren, 26/10/21.