24/05/2022

Jelang 1 Mei, Pemuda Papua Mengajak Tingkatkan Rasa Nasionalisme Cinta NKRI

Komponen Pemuda Papua di Jayapura

Hari integrasi Papua ke dalam pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan diperingati pada 1 Mei mendatang integrasi papua ke Indonesia, Integrasi papua ke dalam Indonesia tidak terlepas dari upaya-upaya yang dilakukan oleh para pejuang orang-orang tua terlebih dahulu.

Para pejuang tersebut mempunyai jasa-jasa yang besar dalam mengintegrasikan Papua ke dalam pangkuan ibu pertiwi pada 1963 lalu.

Menyikapi isu 1 Mei mendatang, Ketua DPN Pemuda Adat Papua (PAP), Yan Cristian Arebo menilai bahwa tanggal tersebut merupakan hari Integrasi Papua ke Indonesia.

“1 MEI  hari Integrasi Papua Ke Indonesia, hal ini sudah tidak bisa dibantah ataupun diubah lagi karena sudah tertuang dalam Penentuan Pendapat Rakyat atau PEPERA,” tegasnya ketika ditemui di Jayapura, rabu (12/4)

Ia pun menilai Proses Integrasi Irian Barat ke dalam NKRI tidak terlepas dari berbagai persoalan dan konflik yang terjadi antara Indonesia dan Belanda yang pada saat itu masih menguasai Irian (Papua).

Yan menghimbau kepada kelompok yang bersebrangan untuk berhenti membangun ideologi Papua Merdeka dan sadar bahwa Papua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dia juga meminta agar masyarakat Papua untuk tidak termakan isu yang menyesatkan yang dibangun oleh kelompok-kelompok yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Di tempat yang terpisah, sekelompok anak muda papua yang menamkan diri sebagai komponen pemuda papua menyatakan sikap dan menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat yang berada di papua mengajak untuk memperkuat rasa nasionalisme dan cinta papua dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Defriado, salah satu anggota komponen pemuda papua mengatakan bahwa dirinya dan beberapa kelompok pemuda papua 1 Mei harus diperingati untuk memperkuat rasa nasionalisme terhadap NKRI.

“1 Mei harus kita peringati bersama dengan komponen pemuda papua lainnya, guna menjaga semangat jiwa nasional dan cinta papua dalam bingkai NKRI,” tuturnya.

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh komponen pemuda papua untuk selalu menjaga situasi keamanan dan ketertiban di tanah papua guna terselengagaranya aktifitas kehidupan yang baik tanpa danya gangguan keamanan.