26/09/2022

Kematian Lucky Matuan Karena Perebutan Jabatan

Wamena – Lucky Matuan mantan anggota TNI yang membelot dan bergabung dengan kelompok TPN-OPM belum diinformasikan kematiannya oleh Juru Bicara TPNPB sebby Sanbom.

Kematian Lucky Matuan ini sempat menjadi tanda tanya keluarga, karena keluarga hanya diberitahu melalui telepon seluler dari undius Kogoya selalu komandan operasi di Intan Jaya, namun  dikonfirmasi dari anggota TPNPB wilayah Intan Jaya, yang selama ini tempat Lucky Matuan berada,  yang namanya dirahasiakan menyebutkan kalau kematian Lucky Matuan dikarenakan perebutan jabatan komandan operasi TPNPB bukan karena sakit.

Sebelumnya, kematiannya berawal dari Lucky Matuan yang akan dijadikan Komandan Operasi wilayah Intan Jaya menggantikan Undius Kogoya, namun ada kelompok yang menolak Lucky Matuan menjadi Komandan Operasi yang berujung dengan keributan.

Kelompok yang menolak menyebutkan tidak terima dipimpin oleh mantan Militer Indonesia karena dianggap sebagai mata-mata yang dipasang oleh Indonesia dan belum murni berjuang untuk Papua.

Terjadinya penembakan terhadap Lucky Matuan karena pada saat itu Lucky Matuan bersuara keras akan kembali ke TNI kalau tidak diangkat menjadi Komandan Operasi,  saat itulah Lucky langsung ditembak oleh salah satu anggota TPNPB Intan Jaya.

Pihak keluarga sampai saat ini masih menunggu jasad dari Lucky Matuan, dan pihak keluarga juga mendapat kabar kalau Jasad Lucky Matuan sudah dibakar di Intan Jaya sebagai bentuk penghargaan kepada Lucky.

Sumber: keluarga Lucky Matuan