January 12, 2022

Pelaku Yang Mengibarkan BK Harus Mendapat Tindakan Hukum

radarpapua – Insiden pengibaran bendera bermotif bintang kejora di GOR Cenderawasih, Kota Jayapura, (1/12) harus dilakukan proses hukum terhadap pelakunya. Menurut pengamat dan tokoh senior Papua aksi tersebut sudah termasuk sebagai upaya kelompok dalam melawan negara dan pemerintahan yang sah.

“Aksi yang dilakukan sudah termasuk dalam perlawanan terhadap negara, cara-cara seperti itu bisa dikatan melawan pemerintahan yang sah, sudah tentu melanggar undang-undang,” ujar Franz Korwa.

Korwa menegaskan jika Indonesia adalah negara hukum, maka setiap orang yang melakukan tindakan melawan hukum akan berhadapan dengan aparat.

“Indonesia adalah negara hukum, maka tegakkan hukum sesuai undang-undangnya. Kabarnya mereka juga sudah ditangkap, beruntung aparat bisa langsung mengambil tindakan. Saya minta jangan ada lagi tawar menawar hukum, harus tindak mereka”

Mengutip dari potongan video yang beredar, Korwa juga mengatakan jika kelompok tersebut sudah jelas-jelas berperilaku menentang simbol negara. Maka tidak heran kalau kelompok tersebut dikatakan juga sebagai kelompok separatis.

“Sudah sangat jelas mereka bersorak-sorak menuntut kemerdekaan Papua, tidak bisa lagi mengelak, memang meraka adalah kelompok separatis”

Korwa mengatakan kelompok yang terafiliasi dengan gerakan separatisme di Papua tidak bisa dibiarkan leluasa. Menurutnya sudah ada kecenderungan dari kelompok tersebut yang memanfaatkan situasi terkait pendekatan yang dilakukan oleh pemerintah.

“Baru saja pemerintah mendorong pendekatan kemanusiaan untuk meredam aksi di Papua, namun yang terjadi justru sebaliknya, mereka ibaratkan dikasih hati minta jantung. Memang kelompok itu tidak bisa dibiarkan enak, harus terus ditekan, jangan kasih kesempatan lagi,” tuturnya.