July 13, 2024

Radar Papua

Berita terkini yang terjadi di Papua dan sekitarnya

KPU Papua Ajak Komponen Masyarakat Mendukung dan Mengawal Agenda Pemilu 2024

Papua – Jayapura. Pemerintah, dan penyelenggara pemilihan umum (pemilu) sepakat penyelenggaraan pemungutan suara pemilu untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, serta anggota DPD RI dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 14 Februari 2024.

Dengan demikian Pemerintah berharap, penetapan jadwal pemilu diambil berdasarkan prinsip efisiensi di tengah situasi pemulihan ekonomi dan kondisi keuangan negara, baik di level pusat maupun pemerintah daerah. Dengan adanya efisiensi tersebut, akan berakibat pada anggaran dan tahapan kampanye.

Artinya, tak sampai setahun, kontestasi politik lima tahunan ini bakal digelar, dengan harapan tahapan pentahapan Pemilu tahun 2024 dapat berjalan dengan baik aman dan sejuk, hal ini diutarakan oleh Diana Dorthea selaku Ketua KPU Provinsi Papua.

“Selaku Ketua KPU Provinsi Papua, saya Bersama jajaran Lembaga penyelenggara KPU menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat dan element lainnya di Tanah Papua dapat mendukung dan mengawal mekanisme agenda nasional pemilu serentak dengan menciptakan situasi aman, tertib dan lancar,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ungkap Diana bahwa saat ini KPU sedang menjalani proses pentahapan, tahapan dan jadwal Pemilu 2024 dapat dilihat pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024.

Ditempat terpisah, tokoh Pemuda Papua Ali Kabiay mengatakan dirinya mendukung sepenuhnya KPU provinsi papua dalam rangka agenda pemilu serentak yang bersikap netral.

“Untuk menjalankan demokrasi di seluruh tanah papua harus bersikap transparan bersikap adil dan tetap mengikuti prosedur dan aturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya

Ali juga mengingatkan KPU selaku penyelenggara melihat situasi dan kondisi di tiga wilayah baru (DOB) dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib, sehingga tidak menjadi suatu hambatan dan kendala dalam proses pentahapan pemilu nantinya.

Ali juga menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat di papua untuk mari kita bersama-sama menjaga situasi kamtibmasmari kita sama-sama membantu menjaga keamanan di lingkungan kita masing-masing sehingga seluruh aktivitas masyarakat dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar.