July 13, 2024

Radar Papua

Berita terkini yang terjadi di Papua dan sekitarnya

Biar Lukas Enembe Jalani Proses Hukum Yang Ada, Benar Atau Tidak Itu Urusan Pengadilan

Papua – Tokoh muda Papua Ali Kabiay yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Barisan Merah Putih atau BMP meminta agar masyarakat mendukung proses hukum yang saat ini dihadapi Gubernur Papua Lukas Enembe di KPK.

Menurutnya KPK tidak mungkin menetapkan seorang tokoh atau pejabat sebagai tersangka dalam perkara tanpa ada alat bukti yang kuat.

“KPK bekerja pastinya memiliki alat bukti kuat, maka kita sebagai ikuti saja proses yang ada tanpa ikut campur tangan yang menghambat proses yang sedang berjalan,” ucapnya, Kamis (26/1) siang.

Ali berharap kasus Lukas Enembe menjadi contoh agar pejabat di Papua bekerja dengan baik sehingga tidak terjerat kasus hukum.

“Kalau kerja itu sesuai amanah yang diberikan negara dan masyarakat, maka hasil akhir akan baik,” jelasnya.

Ali juga meminta agar simpatisan Lukas Enembe untuk tidak terprovokasi dengan isu-isu provokatif yang beredar, mengingat hal itu bisa membuat kegaduhan.

“Benar atau tidaknya biar pengadilan yang memutuskan itu semua. Intinya saat ini mari kita berdoa untuk kesehatan Pak Lukas,” tuturnya.

Saat ditanya soal Dana Otsus, Ali meminta agar penggangran dana otsus dikelola dengan baik sehingga bisa dirasakan rakyat Papua.

“Otsus itu ibaratkan hantu, dibilang ada tapi tidak nyata. Buktinya banyak masyarakat yang belum merasakan manfaat otsus selamat ini. Kedepan harus ada pengelolaan yang baik,” jelasnya.

Ali juga meminta masyarakat untuk mendukung sepenuhnya proses penegakkan hukum terhadap gubernur provinsi Papua Lukas Enembe yang sedang dilakukan oleh KPK, dan tidak mendukung atau melawan atau menghalang-halangi proses penegakan hukum terhadap para koruptor dan pelaku kejahatan lainnya.

Ali juga berpesan untuk tidak mudah terprovokasi oleh berbagai narasi berita atau isu yang dimainkan oleh pihak-pihak atau kelompok tertentu untuk memecah belah persatuan dan kesatuan sesama warga negara di Papua.

Terkait dengan dana Otsus, Ali mewakili suara anak muda Papua minta agar pemerintah dan pengambil kebijakan terkait penerimaan beasiswa dari dana Otsus itu betul-betul diseleksi, sehingga dana Otsus yang diberikan itu benar-benar bermanfaat bagi generasi muda yang cinta NKRI.