June 16, 2024

Radar Papua

Berita terkini yang terjadi di Papua dan sekitarnya

Fiji Akui dan Tegaskan Papua Bagian Dari NKRI

radarpapua.id – Duta Besar Indonesia Tantowi Yahya sukses mempimpin delegasi Tanah Air, berkujung ke Fiji, pada Rabu (29/3/2023) kemarin. Dalam kunjungan itu, tujuannya tak lain bertemu PM Fiji Sitiveni Rabuka.

Juru Bicara Partai Golkar ini mengatakan, pertemuannya dengan Sitiveni banyak membahas isu nasional dan intenasional. Seperti, membahas persoalan Papua.

“Penegasan dari beliau atas dukungan dan komitmen Pemerintah Fiji terhadap kedaulatan NKRI. Fiji mengakui Papua sebagai bagian dari NKRI,” kata Tantowi dalam keterangan persnya.

Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DEPINAS SOKSI ini mengungkapkan, Sitiveni juga telah bertemu tokoh separatis Papua Benny Wenda. Meski begitu, Fiji memastikan mendukung integritas Indonesia.

“Penegasan ini beliau sampaikan menyusul pertemuan tidak resmi beliau dengan Benny Wenda, pimpinan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) di Fiji baru-baru ini yang banyak dipersepsikan sebagai perubahan sikap Fiji terhadap Indonesia,” ungkap Tantowi.

Tak sampai disitu, Tantowi menegaskan, RI-Fiji juga komitmen menjaga mutual trust yang telah tercipta. Bukan hanya soal Papua saja, tapi juga peluang kerjasama kedua negara.

“Serta rencana kunjungan kepala pemerintahan Fiji itu ke Indonesia dalam waktu dekat. Peluang kerja sama baru di berbagai bidang antara lain di ekonomi kreatif, melengkapi sejumlah kerja sama yang telah berlangsung selama ini,” tutup Tantowi.