June 18, 2024

Radar Papua

Berita terkini yang terjadi di Papua dan sekitarnya

STC 2023 di Biak Ini Komentar Para Tokoh

Biak, radapapua.id, – Perhelatan giat Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 telah selesai dilaksanakan. STC berlangsung sejak 21 November hingga 27 November 2023 di Biak Numfor. Dalam acara tersebut digelar berbagai kegiatan kemaritiman, ekspor perikanan, pameran, UMKM, pentaseni budaya, pasar kuliner, hingga hiburan.

Event Sail Teluk Cenderawasih 2023 yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (23/11/2023) di Kawasan Pantai Samau, Kabupaten Biak Numfor, menjadi momentum untuk mempromosikan potensi wisata bahari yang ada di Papua.

STC-2023 adalah giat kolaborasi bersama antara Pemerintah Pusat yang dikoordinir oleh Kementerian Koordinator  Maritim dan Investasi Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Papua sebagai Tim Asistensi Penyelenggaraan dan Pemerintah Kabupaten sebagai Penyelenggara.

STC-2023 juga merupakan salah satu kegiatan guna percepatan pembangunan Provinsi Papua karena masuk dalam salah satu agenda dari Rencana Aksi INPRES Nomor 9 Tahun 2020, tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat yang tertuang dalam Peraturan Menteri PPN / Kepala Bappenas Nomor 5 Tahun 2021.

” Giat ini sangat baik sekali, khususnya buat kami warga yang ada di pulau Biak Numfor, dimana dengan giat ini dapat mengenalkan budaya kami orang biak kepada Indonesia, bahwa ada pulau cantik dan indah di ufuk timur Indonesia,” ungkap Yan Yarangga, salah satu tokoh adat di kabupaten Biak Numfor.

Hal serupa juga di sampaikan oleh mama Mintje Anna Yawan, tokoh perempuan di Kabupaten Biak Numfor. Menurut mama Mintje giat STC 2023 di Biak selain memgenalkan keindahan Pulau Biak juga membantu perekonomian masyarakat Biak.

“Giat ini bagis sekali, banyak mama-mama Papua yang secara ekonomi terbantu, dimana jualan mereka laku keras karena banyaknya pengunjung yang datang,” jelas mama Mintje

Sementara itu menurut salah satu tokoh masyarakat Biak Numfor, Bapak Junus Julius Komisba Mandibodibo giat STC 2023 juga memberikan dampak positif bagi warga Biak, dimana Pemerintah Daerah Biak Numfor kedatangan banyak tamu dari seluruh Indonesia dan hal tersebut memberikan pemasukan PAD bagi Pemkab Biak.

” Dengan adanya STC 2023 di Biak, secara otomatis memberikan PAD bagi Pemkab Biak, Hotel, rumah makan, tempat wisata, semua di penuhi oleh para tamu dari luar daerah dan ini sangat baik sekali. Kami harap giat ini bisa menjadi agenda tahunan dari kemenpraf RI,” beber Junus.