June 18, 2024

Radar Papua

Berita terkini yang terjadi di Papua dan sekitarnya

1 Desember Dewan Adat Suku Sentani Serukan Papua Damai dan Doa Syukur

Sentani – Dewan Adat Suku Sentani Kamis 30 november 2023, berkumpul di kabupaten Jayapura dan menyerukan papua damai dan doa syukur Menyikapi situasi keamanan menjelang tanggal 1 desember.

Ketua dewan adat sentani Orgenes Kaway, S.th, bersama 20 orang berkumpul dan diawali dengan berdoa bersama.

Deklarasi atau seruan papua damai yang dipimpin oleh ketua dewan Adat Sentani, Orgenes Kaway, S.Th. membacakan sejumlah poin seruan damai, yaitu Kami sebagai masyarakat adat pada hari ini secara sepakat bersama-sama dan juga sebagai warga negara republik indonesia dan mewakili seluruh rakyat di kab. Jayapura dan provinsi papua.

“Demi tercipanya situasi aman dan damai serta keberlanjutan pembangunan di tanah papua, dewan adat suku sentani menginstruksikan kepada seluruh masyarakat untuk Menjaga ketentraman dan memelihara kedamaian dilingkungan masing-masing dengan tidak melakukan berbagai aksi yang dapat

Mengganggu keamanan di tanah papua,” Katanya.

Orgenes berharap , hari raya natal dan tahun baru hendaknya dijaga suasananya dengan memperbanyak kegiatan ibadah sebagai bentuk rasa syukur kita kepada tuhan yang maha kuasa.

“Mencegah dan menangkal segala bentuk isu-isu provokasi supaya tetap terpelihara keamanan yang kondusif,” Tambahnya.

Ia juga bahkan meminta semua pihak Turut mensukseskan seluruh rangkaian tahapan pemilu 2024 secara aman, damai dan demokratis di tanah papua.

“Dilarang keras melakukan kegiatan politik i desember dalam bentuk apapun diwilayah hukum adat suku sentani,” Ucapnya.

“Saya berharap tanggal 1 desember tahun ini tidak ada kegiatan yang dapat mengganggu situasi kamtibmas khususnya di kab. Jayapura,’ Sambungnya.

Bahkan Orgenes menyatakan apapun provokasi yang dilakukan oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab kita jangan terprovokasi, bahwa kita ini telah merdeka, tidak ada merdeka 1 desember untuk dari dewan adat sentani diharapkan jangan ada yang ikut kegiatan tanggal 1 desember.

“Saat ini kita telah masuk dalam tahapan pemilu 2024 sehingga mari kita jaga agenda pemilu ini dan ini merupakan tugas kita untuk mensusksekan pemilu 2024 dan Saya berharap kita sekembalinya dari sini agar dapat meneruskan kepada masyarakatnya dikampung dan berikan pemahaman terkait dengan tanggal 1 desember, dan katakan bahwa kita telah merdeka dan mari berjuang untuk pembangunan daerah,”tuturnya.