July 23, 2024

Radar Papua

Berita terkini yang terjadi di Papua dan sekitarnya

Tidak Diterima di MSG, Rakyat Papua Pertanyakan Posisi ULMWP

Pertemuan para pemimpin MSG di Vanuatu

MSG – KTT Melanesian Spearhead Group (MSG) di Port Villa, Vanuatu pada 23-24 Agustus 2023 baru saja berakhir. Para Pemimpin MSG telah menghasilkan kesepakatan akhir yang dituangkan dalam “Communique”.

Fakta yang paling terang adalah aplikasi ULMWP untuk menjadi anggota penuh MSG telah ditolak oleh KTT MSG tersebut karena tidak memenuhi kriteria sebagai anggota MSG. Dalam butir 13, ayat 1 Communique dinyatakan bahwa “ULMWP does not meet the existing criteria for Membership under the Agreement Establishing the MSG that will warrant grant of membership status ”.

Hal ini disampaikan oleh Steve R. Mara selaku Ketua Melanesian Youth Diplomacy Forum, melihat kenyataan ini para pendukung ULMWP tentunya tidak bisa tidur nyenyak. Namun, harus diakui bahwa tidak mudah untuk dapat menyebarluaskan kabar kebenaran. Beberapa hal fundamental dari Comminuque MSG sengaja disembunyikan dari masyarakat Papua.

“Seharusnya para petinggi ULMWP jujur menyampaikan kenyataan ini ini kepada rakyat papua bahwa ULMWP tidak akan pernah mampu berkomitmen terhadap Visi, Prinsip, Nilai, dan Tujuan MSG, sebagaimana diatur dalam Perjanjian Pembentukan MSG. Terutama mengenai prinsip penghormatan terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah,” ungkapnya

Lebih lanjut dirinya menegaskan agar ULMWP harus berani mengabarkan hal ini, ingat perumpamaan tentang roh dalam kitab Injil 1 Yohanes 4:1 “Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia”.

perlu direnungkan bahwa tidak ada manusia yang mampu menjadi penipu yang sukses karena keterbatasan kapasitas ingatannya “No man has a good memory enough to be a succesful liar”.

Pada akhirnya, Benny Wenda, Markus Haluk dan para pendukungnya harus menanggung dosa yang besar atas penipuan dan pembohongan selama ini dilakukan, alias Papua Tipu Papua.