July 25, 2024

Radar Papua

Berita terkini yang terjadi di Papua dan sekitarnya

KNPB Sentani Minta Kasus Penganiayaan Lanjut Proses Hukum

Allen Halitopo, Ketua KNPB Wilayah Sentani

Sentani – Allen Halitopo selaku Ketua KNPB wilayah Sentani mempertanyakan kasus penyerangan dan penganiayaan yang dilakukan Agus Kossay bersama anggotanya terhadap anggota KNPB Sentani, akibat dari penyerangan tersebut 4 anggota KNPB sentani mengalmi luka berat dan sampai saat ini masih dalam perawatan.

Hal ini disampaikan Allen saat dihubungi melalui telepon seluler, Allen mengatakan sampai saat ini belum ada perkembangan proses kasus penganiayaan yang dilakukan Agus Kossay bersama kelompoknya, sehingga kami mempertanyakan kepada pihak penegak hukum dalam hal ini penyidik Polres Jayapura, karena sampai saat ini anggotanya masih dalam kondisi berobat dan yang bersangkutan masih shock dengan kejadian kemaren.

“Kami minta pihak penegak hukum betul-betul serius dalam menangani kasus ini, siapapun dia harus diproses karena telah melakukan tindkan kriminal, dalam hukum tidak ada perbedaan-perbedaan apalagi ini berkaitan dengan penganiayaan,” terangnya.

Lebih lanjut Allen menghimbau kepada Agus Kossay selaku pimpinan kelompok penyerangan agar bertanggung jawab, atas tindakan penyerangan dan penganiayaan yang telah mengakibatkan dirinya mengalami kerugian materi dan juga anggotanya yang mengalami luka-luka.

“Kalau jadi pemimpin dan mengaku sebagai pejuang harus bisa memberikan contoh yang baik kepada anak buah, bukan pengecut dan bersembunyi yang lari dari tanggung jawab sebagai seorang pemimpin,” ungkapnya.

Lebih lanjut Allen menjelaskan persoalaan ini bukan persoalan keluarga, sehingga tidak bisa diselesaikan dengan duduk bersama dalam honai, apakah dia (Agus Kossay) sebelum melakukan penyerangan dan penganiayaan menganggap kami sebagai keluarga? kan tidak, sehingga proses hukum harus lanjut.

“Walaupun dalam pernyataan yang disampaikan Agus Kossay tidak akan memenuhi panggilan pihak kepolisian, dirinya menegaskan akan terus mengawasi prosesnya karena dirinya sudah membuat laporan polisi dan sudah dimintai keterangan oleh pihak penyidik,” tegasnya.

Sebelum mengakhirinya Agus Kossay berpesan kepada siapapun bilamana dipercayakan menjadi seorang pemimpin seharusnya memberikan contoh yang baik untuk anak buah dan harus berani bila dihadapkan dengan persoalan hukum, jangan bersembunyi dan mencari perlindungan advokasi, hadapi dulu panggilan pihak penegak hukum.

sumber: Ceposonline