July 25, 2024

Radar Papua

Berita terkini yang terjadi di Papua dan sekitarnya

Peringati Hari Sumpah Pemuda: Polda Papua Gandeng Petani Tanam Perdana di Kemtu Gresi

Jayapura – Papua. Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober, Polda Papua dalam hal ini Direktorat Intelkam menggandeng para petani yang berada di daerah Kemtu Gresik distrik Nimboran.

Para petani yang dari 18 kelompok tani terdiri dari petani rica, Jagung, Coklat, Kopi dan juga Budi daya Ikan air tawar ini, melaksanakan tanam perdana di untuk memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023.

Yohanis Yanuarin selaku tokoh pemuda distrik Nimboran dan penggagas ide tanam perdana mengatakan, ide ini berawal dari Launching Kopi Grime yang didukung oleh Polda Papua pada peringatan 17 agustus lalu, dirinya berkordinasi dengan AKP Sosra untuk meminta dukungan Polda Papua membantu para petani rica yang ada di kampung Kuipons Nimboran.

Lebih lanjut, katanya saat itu direspon oleh Polda Papua dalam hal ini Direktorat Intelkam melalui Kasubdit Ekonomi Kompol Laurens Tukan mengunjungi para petani sekaligus memberikan dukungan fasilitas dan peralatan pertanian.

“Dari hasil pertemuan tersebut disepakati bersama para petani untuk melakukan kegiatan Panen Perdana pada tanggal 28 Oktober seklaigus memperingati Hari Sumpah Pemuda,” Ungkapnya.

Dirinya dan para petani sangat berterima kasih dengan pihak polda papua yang sudah memberikan fasilitas dan dukungan kepada petani termasuk beberapa bibit tanaman seperti Pinang ungu, Jagung, dan lain-lain yang bisa dikembangkan di distrik nimboran.

Bapak Fred Aronggear saat berdiskusi dengan para petani dari kemtuk gresi

Ditempat yang sama, Utusan KSP Moeldoko Selaku Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Bapak Fred Aronggear yang turut menyaksikan panen perdana tersebut mengatakan dirinya sangat mengapresiasi pihak Polda Papua yang sudah mau melihat langsung kondisi para petani di wilayah Kemtu Gresi.

“Kita harus memberikan apresiasi ya, kepada mereka yang turut mendukung para petani dalam meningkatkan ekonomi Masyarakat di kampung – kampung, terkhusus kepada pihak Polda Papua dalam hal ini dari Direktorat Intelkam, yang saya ketahui sebelumnya juga telah mendukung launching kopi grime asli dari petani sini,” tuturnya.

Bapak Fred menjelaskan, kehadiran dirinya disini sebuah terobosan yang dilakukan oleh Polda Papua untuk meyakinkan para Masyarakat khususnya para petani, bahwa pemerintah tidak tutup mata dalam meningkatkan kesejahteraan Masyarakat mandiri yang bisa besaing dengan para petani lainnya.

Kami juga akan menindak lanjuti apa yang menjadi keluhan-keluhan serta masukan para petani, yang nantinya akan diserahkan kepada Polda Papua dalam hal ini Direktorat Intelkam untuk mendistribusikan karena dari awal Polda papua sudah melakukan terobosan ini bersma Masyarakat.

Fredi juga mengingatkan yang paling utama adalah Legal Standing dari organisasi kelompok tani ini agar memiliki badan hukum dan keabsahannya agar dapat menjadi perhatian oleh pemerintah.

Dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda bersama kelompok tani di distrik Nimboran, Masyarakat berkomitmen untuk mendukung tugas-tugas Kepolisian dengan selalu menciptakan sitkamtibmas yang aman dan nyaman.